0

Kota Bogor pun Punya Batik Khas

Batik Khas Kota Bogor
Kota Bogor pun tidak gak mau kalah dalam soal memproduksi batik. Bukan hanya Pekalongan, Yogya atau Cirebon yang terkenal dengan batik. Kota Bogor pun mampu memproduksi kain batik. Bahkan, kini telah tersedia pilihan batik Bogor dengan ciri khas motifnya antara lain berbentuk kijang, kujang, variasi bunga daun dan bunga teratai. Batik khas Kota Bogor itu diluncurkan pada pembukaan Bogor Expo yang digelar di Bogor Nirwana Residence (BNR) Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor, Kamis (4/6). Peluncuran batik khas Bogor itu dilakukan oleh Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kota Bogor Hj. Fauziah Diani Budiarto dengan ditandai goresan canting di atas kain putih.
Pada kesempatan itu Fauziah menghadiahkan kain batik motif khas Kota Bogor kepada finalis Putri Indonesia tahun 2007, Duma Riris Silalahi.

Sejumlah pejabat dan undangan yang hadir antara lain Duta Besar Qatar untuk Indonesia Y.M. Tn. Ahmed Abdulah Al-Mohammadl, Wali Kota Bogor Diani Budiarto, Wakil Wali Kota Bogor Achmad Ru`yat, Danrem 061/Suryakancana Kol. Inf. Agus Sutomo, Dandim 0606 Kota Bogor Letkol.Inf. Mirza Agus, Sekretaris Daerah Kota Bogor Bambang Gunawan, dan jajaran Muspida Kota Bogor lainnya, serta sejumlah anggota DPRD Kota Bogor.


Batik dengan motif khas Bogor atau batik "Tradisiku" dibuat di Kampung Neglasari RT 03/04 Kelurahan Cibuluh Kecamatan Bogor Utara. Menurut pemiliknya, Rukoyah Siswoyo, usahanya ini sudah dikerjakan sejak 10 bulan lalu. "Yang menjadi ciri khas dan kelebihan kami dalam membuat batik masih dilakukan dengan cara tradisional yakni dengan cara ditulis," ujar Rukoyah.
Meskipun dirinya bukan kelahiran asli Bogor, Rukoyah mengaku bangga bisa membuat batik tulis khas Kota Bogor, "Karena sudah lama tinggal di Bogor, kami ingin membawa nama harum Kota Bogor dengan khas batiknya," katanya, Kamis (4/6).
Duma Riris Silalahi mengatakan, dari sekian banyak jenis batik yang ada ternyata batik khas Bogor tidak kalah bagusnya dengan batik-batik lainnya yang ada di Indonesia. Menurut Duma, untuk lebih memperkenalkan lagi batik khas Bogor, harus lebih gencar promosinya dengan desain-desain batik yang lebih menarik. "Promosi batik bisa dilakukan dengan menggelar fashion show, iklan, dan event-event lain, " ujar Duma Riris.
Ketua Dekranasda Kota Bogor Hj. Fauziah Diani Budiarto mengaku bangga ternyata ada warga Kota Bogor yang bisa membuat batik dengan motif khas Kota Bogor. "Yang jelas, batik Bogor tidak kalah dengan batik-batik lainnya di Indonesia," ujarnya.(PK-3)***
 

0 comments:

Posting Komentar

Siguiente Anterior Inicio